Kini Telah Hadir Perawatan Paripurna untuk Anda....

Translate

Kamis, 25 Oktober 2012

KULIT MENUA, Tak Masalah

Masa tua biasanya datang bersamaan dengan perubahan kulit kondisi kulit. Apa saja perubahan perubahan yang mungkin terjadi, dan bagaimana menghadapinya, di usia senja, kondisi kulit tak lagi sama. Banyak yang berubah dari kulit Anda, baik dari struktur maupun tampilan fisik. Apa saja yang biasa terjadi saat kulit menua?


Matahari yang ganas
Yang pasti, kulit menjadi lebih tipis dan kehilangan kandungan lemak, sehingga kekenyalan dan kehalusannya berkurang. Akibat pengaruh gravitasi, kulit juga mulai tampak menggelambir/khususnya dipipi, leher dan lengan. Selain itu, di usia lanjut seseorang menjadi lebih sedikit mengeluarkan keringat akibat berkura ngnya kelenjar keringat. Tak hanya membuat kulit semakin kering, kondisi ini membuat tubuh menjadi lebih sulit menyesuaikan diri dengan cuaca panas, sehingga Anda mudah lelah.

Seberapa cepat kulit Anda menua?
Tergantung pada banyak faktor: yang utama adalah paparan terhadap sinar matahari sepanjang hidup. Tentunya semakin banyak Anda terpapar, semakin besar pula tingkat kerusakannya, sebagai akibat paparan bertahun tahun terhadap sianr ultraviolet, serat serat elastin mulai rusak sehingga kulit mulai kehilangan kemampuan untuk kembali ke bentuk semula setelah meregang- dan terbentuklah keriput. Menurunnya produksi minyak minyak alami, memperparah kondisi ini, memperjelas garis garis ukiran waktu di wajah. Tak jarang, muncul pula  noda noda pertanda usia.

Bagaimana memperlambat laju kerusakan ini?
Sebisa mungkin, lin dungi diri dari sinar matahari terutama dari pukul 10 pagi hingga 4 sore. Rajinlah memakai payung, topi, baju berlengan panjang saat Anda harus keluar rumah di siang hari. Jangan lupa menggunakan Tabir Surya.

Memar tapi tak berbentur
Anda yang berusia lanjut mungkin cukup terkejut melihat munculnya memar di sana sini, khususnya di lengan dan kaki. Apalagi anda merasa tidak pernah terbentur. Kebanyakan memar terbentuk saat pembuluh darah kecil(kapiler) didekat permukaan kulit rusak akibat benturan. Darah “bocor” dari pembuluh darah dan tampaklah noda hitam kebiruan. Lalu, mengapa orang lanjut usia lebih rentan memar? Di usia senja jaringan jaringan yang menyokong pembuluh darah melemah. Akibatnya, area sekitar pembuluh darah kehilangan penunjang dan makin rentan terhadap cedera- terlebih karena kandungan lemak yang berfungsi sebagai bantalan pun berkurang.
Anda tidak perlu khawatir, karena dalam kebanyakan kasus, memar akan hilang dengan sendirinya saat tubuh menyerap kembali darah. Perlu dicatat, suplemen pengencer darah juga bias membuat Anda menjadi lebih mudah memar. Namun, jangan lantas menghentikankonsumsi obat sebelum berkonsultasi dengan dokter. Untuk menghindari memar, benahi lingkungan tempat tinggal agar Anda tidak mudah terbentur. Beri jarak cukup pada perabotsehingga Anda dapat bergerak dengan aman. Bagaimana jika memar disertai dengan bengkak? Posisikan bagian tubuh yang bengkak lebih tinggi , kompres dingin kurang lebih selama 20 menit. Setelah bengkak mereda, gantilah dengan kompres hangat.

Kok jadi gatal?
Sering bertambahnya usia, ada satu lagi masalah kulit yang mesti diantisipasi. Kulit dibagian tertentu menjadi lebih rentan mengalami gatal gatal, terutama siku, lengan bawah dan betis. Apa sebabnya? Tak lain adalah kulit yang semakin kering. Kulit terasa kasar dan bersisik, disertai rasa gatal yang sangat mengganggu. Jika Anda sering menghabiskan waktu di ruang AC, rasa gatal bisa semakin menjadi jadi- juga jika Anda menggunakan sabun berlebihan atau sering mandi air panas.
Stress dan kurangnya asupan air bisa memperparah rasa gatal. Dalam tahap yang sudah sangat mengganggu, rasa gatal bisa membuat Anda sulit tidur.yang tidak kalah penting adalah HINDARI ROKOK.
Lantas bagaimana mengatasi kondisi ini? Perawatan paling umum dan praktis adalah menggunakan pelembab. Pelembab dapat mengurangi hilangnya kandungan air dari kulit. Pilihlah jenis yang cocok untuk Anda. Bentuk yang lebih tahan lama adalah krim, sementara pelembab dalam bentuk lotion harus lebih sering di aplikasikan.
Berubahnya kondisi kulit karena usia tidak bisa dihindari, tapi dapat dirawat……………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar