Kini Telah Hadir Perawatan Paripurna untuk Anda....

Translate

Rabu, 14 November 2012

GIAT LATIHAN, KULIT JANGAN DILUPAKAN



Salah satu keuntungan rajin olahraga adalah bikin kulit terlihat lebih bersinar. Tapiii…. jangan cuma rajin latihan lalu malas merawat kulit, lho. Ini langkah dapatkan tubuh bugar dan kulit sehat. Punya tubuh langsing dan seksi pasti bangga. Tapi alangkah sayangnya kalau kulit anda tak secemerlang body Anda. Padahal seharusnya latihan bisa membuat kulit lebih bersinar. “Olahraga membuat metabolisme lebih cepat, sehingga proses pergantian kulit pun ikut cepat. Kulit mati jadi tidak menumpuk, ”ujar dr.Mutty Muzayyana, Sp.KK, specialis kulit dan kelamin MRCCC Siloam Hospital, Jakarta. Dengan kulit yang selalu ‘baru’ tentu Anda tampak lebih kinclong. Namun jadi lain ceritanya kalau Anda tak rajin merawat kulit sebelum dan sesudah olahraga. Alih-alih kulit cemerlang, kulit kering, merah atau berjerawat yang bisa Anda dapat. Jadi selain rajin latihan, raih manfaat kulit cerah maksimal dengan tip berikut ini.

Sebelum Olahraga
Wajib dipakai dan dilakukan :

1.Pelembap.
Baik pelembap wajah maupun badan. Selama olahraga kulit mengeluarkan keringat, sehingga Anda   bisa dehidrasi. Apalagi kalau anda berolahraga diruangan ber-AC. Oleskan beberapa saat sebelum berolahraga. “Gunakan pelembap sesuai jenis kulit,” ujar Mutty. Untuk kulit berminyak pakai pelembap berbahan dasar air. Sedangkan bila kulit Anda cenderung kering, oleskan pelembap berbahan dasar minyak, seperti silicone, ceramide, atau glycerin. Jangan lupa, minum secukupnya.

2.Tabir Surya
Jika Anda memilih berolahraga pada pagi, siang, atau sore hari, memakai sunscreen wajib hukumnya.Tak peduli Anda berolahraga diluar atau dalam ruangan, “Negara kita berlimpah sinar matahari. Bahkan ketika kita didalam ruanganpun, sinar matahari bisa memantul ke kulit ,” ujar Mutty Apalagi sebagian gym jaman sekarang berdinding kaca besar, dan berada di lantai atas gedung. Bahkan beberapa alat fitness langsung dipinggir jendela atau dinding kaca agar bisa melihat pemandangan luar. Sinar matahari pun bisa memantul dari lantai atau meja.

3.Lip balm atau Lip moisturizer
Dehidrasi juga bisa bikin bibir Anda kering, lho. Jadi, janganlupakan bibir Anda.


4.Bersihkan wajah
Bila Anda memilih latihan sore atau malam, bersihkan dulu sisa make up yang Anda pakai selama pagi     dan siang hari. Setelah wajah bersih, Anda baru mengoleskan pelembap kembali.

5.Mandi sebelum latihan
Ya, bila Anda berlatih sore atau malam hari, sebaiknya Anda mandi dulu. Menurut Dr.Neal Schult,   pendiri DermTV.com, ketika berolahraga, Anda mengelap keringat dengan tangan atau handuk dan membawa debu, kotoran, atau kulit mati yang seharian terkumpul di tangan ke kulit Anda.

6.Gunakan conditioner rambut sebelum berenang
di kolam untuk memperkecil penyerapan khlorin oleh rambut.

TIPS
Bila Anda berolahraga diluar ruangan, pakai pelembap diikuti oleh tabir surya kira – kira satu jam sebelum berolahraga.  Gunakan yang mengandung SPF tinggi, minimal 30. Kalau Anda melakukan olahraga air, misalnya berenang, gunakan yang waterproof, ulangi pemakaian tabir surya setiap 2 jam. Kalau bisa, gunakan topi lebar dan baju lengan panjang sebagai tambahan saat berlatih diluar ruangan.
Didalam ruangan, Anda hanya perlu tabir surya dengan SPF sedang, yaitu 12-30. “Kalau berkeringat banyak, sebaiknya pakai juga yang waterproof atau sweatproof”, kata Mutty.
Boleh juga pakai bedak bahkan foundation. “Idealnya, sih, tidak pakai apapun kecuali pelembap dan sunscreen. Tapi kalau memang ingin tampil ok, boleh saja pakai foundation atau bedak, tapi tipis saja, dan yang ber-SPF,”kata Mutty.


SETELAH OLAHRAGA
Wajib dipakai :

1.Pembersih wajah, baik cleanser, toner, atau sabun muka.
“Pemakaiannya tergantung pada apa yang dipakai sebelum olahraga. Kalau hanya memakai pelembap dan sunscreen saja, sebenarnya sabun muka saja sudah cukup,”kata Mutty. Namun bila sebelumnya Anda menggunakan foundation atau bedak, bersihkan wajah dengan cleanser, lalu sabun muka, dan diakhiri dengan toner. “Karena dengan sabun muka saja, tidak akan mengangkat sisa make up yang melekat ke kulit.”

2.Sampo dan sabun
Mandi tentu kegiatan wajib yang Anda lakukan setelah mengeluarkan keringat. Apabila alat-alat di gym yang digunakan oleh banyak orang, sehingga pertukaran bakteri pasti terjadi. Gunakan sabun anti bakteri dan gosokkan dengan lembut ke seluruh tubuh tanpa ada yang terlewatkan, agar jamur tak asyik menempel di kulit Anda. Untuk sampo, tentu saja gunakan yang sesuai untuk rambut Anda.

3.Antiperspirant / deodorant
 Apalagi kalau Anda ingin langsung nongkrong dengan teman – teman atau bertemu klien. Setelah olahraga biasanya proses pembakaran kalori masih berlangsung cepat, Anda pun masih aktif   
 mengeluarkan keringat.  

 4.Pelembap
  Setelah olahraga, mandi (apalagi dengan air hangat), terutama setelah sauna, kulit pasti kering. 
  Oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Jangan lupakan pelembap untuk tubuh, yaitu body
   lotion atau body butter.

TIPS
Perhatikan keadaan kulit Anda setelah berolahraga di luar ruangan. Bila  kulit terlihat kemerahan karena sinar matahari, beri soothing cream atau anti-redness lotion. Beberapa gel / krim apunya tanaman after-sun yang mengandung aloevera bisa jadi pilihan. Atau kalau Anda punya tanaman aloevera dirumah, bisa langsung mengoleskan daging buahnya untuk menenangkan kulit yang terbakar. Namun kalau sudah terjadi kulit terbakar, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

TIPS
Kalau setelah olahraga Anda hanya beraktifitas ringan , misalnya hanya akan bertemu teman sebentar, semprotkan saja face spray. Setelah mengoleskan pelembap, gunakan transculent loose powder pada daerah T, untuk menyerap minyak berlebih.
Bila latihan Anda ringan , misalnya yoga yang tak terlalu berat, Anda bisa saja tak perlu cuci rambut, karena hanya akar rambut Anda yang basah, Keringkan dan rapikan saja dengan hair dryer. Agar bentuk awal tak terlalu berantakan, biarkan rambut tergerai. Jangan ikat ekor kuda rambut Anda, karena akan meninggalkan bekas yang lama.Kalau tak ingin rambut mengganggu latihan, lebih baik jepit atau pakai bandana / turban dari kain.
Jika Anda latihan malam hari dan berniat langsung pulang dan tidur, Anda boleh saja langsung menggunakan cream malam.Dengan catatan anda tidak menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke rumah, ya ….
Menggunakan make up lengkap. Agar make up tak mudah luntur karena tubuh Anda masih aktif mengeluarkan keringat, siapkan selalu tisu kosmetik untuk menyerap minyak.

OLESKAN DENGAN BENAR
Jangan pernah lupa mengoleskan pelembap tubuh setelah berolahraga, untuk menjaga agar kulit tidak kering. Agar pelembap efektif, Anda harus mengoleskannya dengan benar. Ini yang perlu diperhatikan :
1.Setelah mandi, keringkan tubuh dengan menepu-nepuk handuk pada kulit, bukan menggosok.
2.Saat terbaik mengoleskan pelembap adalah 3-5 menit setelah mandi, karena kulit masih menyimpan
   air saat kita mandi. Pemakaian pelembap setelah mandi dapat mengunsi air tetap berada di pori-pori
   kulit sehingga kelembaban lebih maksimal dan tahan lama.

3.Oleskan pelembap keseluruh tubuh dengan gerakan memutar searah jarum jam. Cara ini bisa       melancarkan peredaran darah sekaligus mengoptimalkan penyerapan pelembap ke dalam kulit.

4.Untuk area tertentu yang bisanya cenderung kasar dan kering, seperti siku, lutut, tumit kaki, bokong,  lipat kulit lain, gunakan pelembab yang mengandung lemak tinggi, seperti body butter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar